Monday, October 26, 2009

Monday on MyDay,,

Ga kerasa ya? Cepet banget,,

Baru cerita kemaren tentang karya campaign kami “Cintai Anak Indonesia” UNICEF, eh sekarang dah mau cerita lagi tentang karya yang pernah kami buat, TVC dan radio.


Ceritanya si TVC ini merupakan keinginan kami yang terpendam, abisnya selalu ngeliat kakak angkatan bikin TVC dan selalu bagus, sial-sialnya jadi finalis. Berangkat dari ke-iri-an kami terhadap si dia, kami pun pengen bikin TVC juga tapi yang ILM (Iklan Layanan Masyarakat) aja. Kenapa ILM?

kita bisa mengkritik masalah sosial lewat iklan layanan masyarakat yang kita buat.


Proyek TVC kami yang kedua permintaan temen kami untuk ngisi di iklan FIAT. Jadi FIAT itu sendiri kepanjangan dari FISIP ATMA JAYA TELEVISION. FIAT ini merupakan komunitas anak-anak yang berkecimpung di dunia broadcast. Mereka setiap setahun sekali membuat program TV yang akan diputar di kampus-kampus Atma Jaya Yogyakarta, sehingga mereka juga memerlukan adanya iklan TVC untuk diputarkan.


Akhirnya karya itu dimasukkan ke plot kategori Iklan Layanan Masyarakat Pinasthika 2008. Saat itu kami menjadi volunteer tapi tetep pengen ngerasain entry karya, tetep pengen menanti-nanti hari dengan deg-degan karyanya masuk jadi finalis atau engga, dan tetep pengen ngerasain euphoria dipanggil diatas panggung bawa throphinya.


Brainstorm dimulai. Tema dan konsep bermunculan. Dipilah dipilih. Didebat, dijatuhkan, didukung, dipatahkan, dikuatkan, dilemahkan, semua konsep dan ide datang dan pergi.

Ada beberapa ide yang lumayan menarik. Satu mengangkat tentang Global Warming (yang ngetren di tahun 2008 dan hilang berganti musim gempa di 2009), tentang pesan untuk menjadi diri sendiri dan pesan tentang pedestrian. Kami meminta kakak angkatan kami untuk membantu mematangkan dan mematahkan ide-ide kami. Pungkas, Didit, Susilo, dan Berto. Kami banyak belajar dari mereka tentang mengkonsep dan mengeksekusi ide kami.


Support pedestrian. Berawal dari kita yang suka kesel banget kalo nyebrang ga pernah di kasih WALAUPUN kita udah berjalan di tempat yang seharusnya alias ZEBRACROSS. Sama sih, kita juga mau ngeritik diri kita sendiri kalo pas naik motor atau mobil biasanya ga merhatiin orang yang menyeberang jalan.


Tapi seharusnya zebracross dibuat ada maksudnya kan. Kita ngelihat beberapa zebracross memang berada di tempat yang seharusnya kok.(banyak yang butuh nyebrang di jalan itu) tapi sebagai pengendara mobil atau motor, ga pernah ada yang merasa perlu mempersilahkan orang lain menyeberang padahal dia udah mengandalkan ZEBRACROSS. Cuman butuh waktu 1 menit loh untuk berhenti.


Makanya kita buat kritikan lewat ILM ini. Mencintai pejalan kaki. Mencoba menghargai fasilitas yang diberikan kepada mereka. Jadi inget kalo di Jakarta juga banyak motor yang make trotoar pas kena macet. Miris.


Storyboard selesai. Eksekusi pun dimulai. Properti dikumpulkan. Kostum, kardus, pinjem handicam sana sini, cari tripod, cari ini cari itu. Cobaannya macem-macem dari kehabisan cahaya karena udah kesorean, masalah di jalan karena arusnya ramai,diliatin orang,dll. Shooting selesai! Saatnya editing. Kita langsung minta banyak bantuan dari Didit dan akhirnya selesai sudah!!! Senang.


Akhirnya kita entry juga karya buat Pinasthika tahun 2008. Walaupun selalu deg-degan tapi akhirnya kita tahu karya kita ga masuk jadi finalis. Kalau angkat trophy gampang ga bakal ada karya bagus yang keluar. Makanya, kita masih ga puas dan pengen ngebuat yang lebih bagus lagi. Tapi seenggaknya banyak banget proses yang berguna yang udah kita lakukan.


Tittle : Support Pedestrians

Durasi : 60 detik


Coba dilihat aja. disini


Lain ladang, Lain ilalang,

Lain bentuk iklan, lain pula ceritanya, =)


Waktu itu lagi ada Caraka Festival yang diselenggarain oleh teman-teman komunikasi UNDIP dan didukung oleh PPPI Jateng. Ada beberapa katagori lomba kaya, PrintAD, Radio skrip, Graphic design dan design packaging.

Tema waktu itu adalah “Recycle for Circle”. Iklan harus dapat meyakinkan mahasiswa bahwa dengan mendaur ulang yang dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik. Liat brief yuk!



Dari pertama sih, kami udah rencana ikutan yang PrintAD. Dihari dimana eksekusi untuk PrintAd, kami ketemu dengan beberapa teman dan mereka memberi support untuk ikutan yang radio skrip juga, alesannya sih biar ada pengalaman baru. Jangan buat yang PrintAd mulu. tertantanglah kita!!


Liat brief Radio skrip.



Akhirnya, kami pun mencoba mencari ide dan itu pun ga jauh-jauh ternyata. Jadi, karena ngeliat insight mahasiswa yang selalu ngeles kalo dikasi tau sesuatu, selalu nyari celah untuk ngejawab pernyataan orang. Kami tau kalo mahasiswa itu sebenernya sangat mengerti mengenai sampah yang sudah menumpuk di bumi dan tau bagaimana cara menanggulanginya.

Akhirnya ketemu deh pesan yang mau disampaikan yaitu, semuanya itu bisa bermanfaat namun segera lakukan, jangan cuma direncanakan dan dijawab (dengan ngeles tentunya)


Dan hasilnya adalah skrip radio ini..


Judul : Semuanya Bermanfaat.

Durasi : 30 detik.

look at here


Simple ya?? Intinya adalah kamu harus lakukan sesuatu, jangan disimpen ajah karena kamu tau kamu bisa lakukan itu.



Happy Myday guys,,

Ayo buat sesuatu yang ga biasa kamu lakuin!!



Best Regards,



Olivia respati