Tuesday, October 6, 2009

Habis Kuliah langsung nge post ah,

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), 3 tahun ini gag kehitung berapa kali menulis kata tersebut di bagian keterangan universitas ataupun mengetikkan untuk bagian cover di semua tugas kuliah kami.

Di semester awal kami mendapat semua pelajaran umum, yang berkaitan dengan Ilmu Komunikasi. 
Sebelum kita memilih konsentrasi studi (Jurnalistik, Kajian Media, Public Relations, Periklanan) kampus mengadakan Studium Generale yang diharapkan memberikan pencerahan pemilihan para mahasiswanya.
 Pencerahan itu berujung pada menandai ADVERTISING sebagai pilihan kami.

Buat kami, Atma Jaya benar-benar mengerti bagaimana caranya membuat kami mencintai Advertising. 

Setiap semester rasa-rasanya selalu ada tantangan baru untuk menunjukkan inovasi dan kreatifitas kami. Dalam tugas kelompok tiap mata kuliah kami banyak terlibat dalam satu kelompok. So, we know well each others

Dimulai dari mata kuliah advertising seperti komunikasi pemasaran, periklanan, manajemen pemasaran, perilaku konsumen, manajemen periklanan, posisioning, manajemen merk, presentasi dan negosiasi, penulisan naskah iklan, perencanaan media hingga riset iklan. Beberapa diantaranya akan kami share-kan ke teman-teman semua. 

Coba cek di slideshare kami ya.
Manajemen Merek : membangun dan mengatur brand yang ditentukan (bakso)
Powerpoint here.
Penulisan naskah Iklan : menggali siapa konsumen dan insight brand. (KFC)
Powerpoint here.

Kita yakin banget semuanya ada prosesnya. Dari semua tugas itu lambat laun bikin kita ngerti gimana yang lebih bener dan mencoba berpikir terstruktur sesuai jalan yang benar.

Akhirnya semuanya berujung pada produksi Iklan, mata kuliah puncak bagi kami yang memilih Advertising sebagai pasangan jiwa kami. Produksi Iklan adalah simulasi agency, mulai dari launching agency ke para mahasiswa internal Atma Jaya, mencari klien, membedah client brief hingga pitching antar agency di akhir semester. Pemenang pitchinglah yang akan mendapat nilai tertinggi. Buat kami, produksi iklan itu seru!

Pembentukan nama adalah sesuatu yang lumayan alot, karena banyak sekali nama yang menurut kami cukup filosofis. Akhirnya kami memilih nama BOLD ADVERTISING (ujung-ujungnya kami baru tahu kalo di Jakarta udah ada Bold Communication.check it out)
Bold adv. Merupakan pengalaman yang menyenangkan bergabung bersama teman satu team seperti Domenico, Eska, Dherry, Fahrul dan Erwin. Berpikir bersama mereka menyenangkan walaupun kadang penuh tekanan deadline (as always), parahnya dialihkan ke makanan. Ga cuma tambah pengalaman,timbangan pun naik beberapa angka. 

Acara Launching adalah acara menyenangkan, selain memenangkan pitching di akhir semester. Kami memutar otak tentang apa yang bisa kami lakukan untuk membuat sesuatu yang berbeda diantara agency yang lainnya. Akhirnya Via (she’s the bomb!) datang untuk menjadi koreografer andalan kami. We became a cheerleader at Launching Bold. Hasilnya, jangan salah awareness meningkat dengan sebutan "cie,cheerleader.." menggema ketika kami lewat.



Kami sempat membuat group di Facebook untuk menyapa teman yang keranjingan online. This was our Group at Facebook. BOLD ADVERTISING. Well, link ini adalah beberapa agency kompetitor kami. Tanpa mereka bakal ga ada tekanan. :)

Here They are:
KamarBiroe,  Tuju, dan Bengkel.

Paling terakhir adalah dua dosen kesayangan kami berdua. Pak Agus. Our motivator . Our 'Good' Cop and also 'Bad Cop' dan orang yang selalu bisa tidur dimana saja.hehhehe. 
satunya adalah Bu Anita, selalu tampil stamina. yang paling kita suka..ngegossipp..(SSsst..)
ayo, maen ke Universitas Atma Jaya Yogyakarta (here)
well done..
bakal banyak cerita seru tentang kami menunggu.


Happy ChooseDay(Tuesday)
~we've already choose advertising as our soul~ 

Olivia Respati